Kuliner Lezat di Solo

Wah, jika sudah bicarain masalah makanan, dengarnya saja buat perut krucuk-krucuk. Di Indonesia pribadi, jenis-jenis santapan bisa amat beragam justru meski berada di satu kota. Kalau ingin wisata kuliner sepertinya gak cukup deh bila cuma satu–dua hari. Mengingat hidangan setiap kota beda, jangan coba-coba kompare kuliner kota satu pada lainnya. Dijamin nggak bakal bisa soalnya.  Kota Solo amat dikenal dengan kota harmonis, rapih dan pun penduduknya mempunyai tutur kata ramah. Tidak cuma itu, Pariwisata di Solo ini pun mempunyai beragam macam warisan bersejarah berbentuk prastasti dan yang lain. Bukan hal tersebut saja, kota Solo pun punya beragam macam tempat pariwisata yang istimewa dan indah, hingga dapat memancing perhatian para wisatawan entah itu dari dalam atau luar negeri. Skema tata kotanya pula amat teratur. Bukan begitu saja, kota Solo pun mengandung bermacam-macam jenis kuliner yang cukup menarik dan nikmat. Terdapat tidak sedikit menu tradisional yang tetap bertahan di kota itu. Banyak pula wisatawan asing yang memang datang ke Solo utk menikmati kulinernya. Saat ini admin ingin coba ulas sekilas dari Wisata Kuliner Solo. Area pariwisata Indonesia satu ini memiliki hidangan yang tak kalah banyak dengan Jakarta. Mulai dari tempat-tempat makanan terkenalnya, hingga oleh-oleh yang sering dibawa pulang oleh turis lokal hingga mancanegara.

  1. Tengkleng Masuk ke tengkleng. Kuliner satu ini adalah Wisata Kuliner solo ngetop. Tengkleng ini identik dengan gulai kambing, cuma saja tidak memakai santan. Kuahnya yang lezat lengkap pada daging yang tetap menempel di tulang menjadikan lidah tak bosan memakannya. Tengkleng ini dapat ditemukan di pinggir gapura Pasar Klewer ataupun warung tengkleng.
  2. Gudeg Ceker
  3. Tidak semacam gudeg umumnya yang cuma tersaji manis bersama telur dan nangka, normalnya di Solo itu gudeg justru banyak sekali ditambah campurannya, yaitu ceker. Hidangan satu ini tentu sudah tak asing di lidah masyarakat Solo. Kabarnya sih makanan itu makin lezat saat dituangi bersama sambal goreng krecek. Kuliner ini tergolong unik, gudeg disana bukanlah gudeg yang sebagaimana kalian pikirkan. Gudeg ceker adalah campuran kulit sapi, telur, ceker ayam, serta ceker. Rasa yang diberikan makanan itu sangat nikmat. Kalian dapat mengonsumsi kuliner itu dicampur nasi, hingga bisa menjadikan perut kalian kenyang. Menjadi pelengkapnya, kalian boleh memesan minuman dingin misalnya es jeruk. Jika kalian mau coba gudeg ceker, so kalian bisa berkunjung ke Gudeg Ceker Bu Kasno di wilayah Marguyodan.
  4. Sate Buntel Beda dengan sebagian besar sate lain, kuliner ini adalah daging kambing yang sudah dicincang lalu dibalut bersama lemak kambing yang tengah baru dengan rupa lonjong. Sehabis itu, sate dibakar sebagaimana pada umumnya. Sate itu mempunyai tekstur daging yang amat nikmat serta lezat, terlebih lagi jika ditambahkan dengan sambal. Kalian boleh konsumsi sate dengan nasi atau lontong. Restoran yang menjual sate buntel tersedia di Sate Haji Bejo yang ada di jl. Sebakung 10 Lojiwetan.
  5. Timlo Solo Sebagaimana kebanyakan timlo, kuah yang bening menggoda perut lantaran isinya jadi terlihat. Tapi, beda dengan timlo umumnya, timlo Solo ini tak memakai isi soun serta jamur. Isinya lumayan sederhana hanya irisan sosis goreng, telor rebus pindang, serta ampela hati ayam. Usai itu, dihamburi bawang goreng diatasnya. Umumnya makanan itu dihindangkan dengan sepiring nasi bersama taburan bawang goreng. Sederhana, tapi selalu menggoyang lidah. Rumah makan yang ngetop dengan menu timlonya yakni Timlo Sastro yang ada dibelakang Pasar Gedhe Solo.
  6. Oleh-Oleh Kuliner Sebetulnya masih banyak wisata kuliner yang ada di solo yang dapat diulas, namun dalam berwisata kuliner, pastinya oleh-oleh tuk di bawa pulang jadi prioritas saat akan pulang, ‘kan? Nah, tuk oleh-oleh, pariwisata kuliner solo yang tentu menyediakan serabi Solo yang telah terkenal kekhasannya. Tidak cuma itu, ada juga intip, yakni semacam kerak nasi yang dijemur hingga kering jadi identik kerupuk. Bentuknya besar juga biasanya murah. Kemudian ada pun rambak petis, yakni kerupuk kulit sapi. Pas jadi oleh-oleh.

2 thoughts on “Kuliner Lezat di Solo”

Leave a Reply

Your email address will not be published.